Ahli Zikir adalah Ali Muhammad, Keturunan Suci

18 Desember 2010

Ahli zikir berarti orang yang mengingati. Ali dan Imam-Imam yang suci, keturunannya, adalah sama dengan al-Quran. Sheikh Sulayman Balkhi Hanafi di dalam Yanabiul-Mawadda, bab 39, menyebutkan dari Tafsir-e-Kashful-Bayan oleh Imam Thalabi, disampaikan dari Jabir Ibn Abdullah Ansari, yang berkata:

“Ali berkata: ‘Kami keturunan Nabi adalah orang ahli zikir.’”

Oleh karena zikir adalah ‘ingatan’ dan salah satu dari nama al-Quran, keluarga ini mengandungi orang al-Quran. Sebagaimana disampaikan oleh ulama Sunni sendiri,

“Ali berkata: ‘Tanyalah kepadaku apa saja yang kamu mau sebelum aku meninggalkan kamu. Tanyalah mengenai al-Quran, oleh karena aku tahu setiap ayat di dalamnya – apakah diwahyukan di malam hari atau di siang hari, pada padang dataran atau pada gunung yang tegak. Demi Allah, tidak ada ayat dari al-Quran yang diwahyukan, melainkan aku tahu mengenai apa ia diwahyukan, dimana ia diwahyukan dan mengenai orang macam mana ia diwahyukan. Allah Yang Berkuasa telah menganugerahkan kepadaku lidah yang fasih dan akal yang bijak.’”

Maka, mengasaskan hujah atas ayat-ayat al-Quran hendaklah menurut pengertiannya yang sahih dan pemahaman yang diberikan oleh mereka, pengulas yang berkemampuan dan dipercayai. Jika tidak, setiap orang akan memberikan interpretasi pada ayat-ayat al-Quran menurut ukuran pengetahuan dan kepercayaannya, dan itu akan menghasilkan pada perbedaan pendapat dan ide yang bertentangan.

_______________

Aqai Sultanul Wa’ezim ShiraziPeshawar Night

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: